Foto keluarga saya My beautiful girl 1 My beautiful girl 2 My beautiful girl 3 My beautiful girl 4

Sabtu, 11 Mei 2013

Cara Atasi Komputer Blank



Komputer blank tidak mau merespon. Apabila komputer anda dinyalakan tidak merespon, maksudnya power masuk (ditandai dengan nyalanya lampu led dan berputarnya kipas power/CPU) tapi di monitor gelap sama sekali. Lampu led monitor cuman berkedip kedip saja.
Kadang kalau ada user yang agak "ngerti" biasanyadayang ketempat servis saya denga berkata, "Mas, komputer saya rusak monitornya", atau "Mas komputer saya rusak motherboardnya", "Mas komputer saya rusak VGA-nya" dan pendapat-pendapat yang lainnya. Pendapat-pendapat tersebut tidaklah salah, ada kemungkinan benar.
Dan kalau usernya/customernya ngotot itu yang rusak, kadang teknisi yang diuntungkan. Lain yang rusak, lain yang diganti. Biar sama-sama enak, baiklah kita coba cari permasalahannya sama-sama.
  1. Cek dulu apakah power masuk (Led menyala atau kipas power berputar)
  2. Ada bunyi beep ngga ?
    Kalau ada bunyi beep, perhatikan.. beep pendek bunyi sekali, beep sekali bunyi panjang.
    Kalau beep pendek bunyi sekali, tapi monitor tetap blank, ada kemungkinan kabel monitor atau monitornya yang rusak atau kemungkinam VGA-nya yang rusak.
    Kalau beep sekali bunyi panjang, memori yang rewel, rapatkan memori, atau coba pindah memori ke slot yang lainnya, atau bersihkan kaki memori dengan menggunakan penghapus pensil (staedler)
    Kalau bunyi beep panjang sekali dan pendek dua kali, VGA-nya yang error, bersihkan kakinya seperti pada memori, pasang dan pastikan rapat pemasangannya.
  3. Kalau ngga ada bunyi beep
    Reset bios dengan jalan memindahkan jumper bios ke posisi reset (jumper bios biasanya ada tulisan CLR, JBAT, CLEAR, CMS, dll)
    Jika tidak mendapatkan jumper bios, lepas batteray CMOS pada motherboard, lepaskan kabel power dari laistrik. Biarkan beberapa saat kemudian pasang lagi.
  4. Jika belum mau nyala,pasang komputer dengan konfigurasi hardware minimal (POWER,MOTHERBOARD, PROCESSOR, MEMORI, KEYBOARD, MONITOR) test apakah mau hidup, kalau bisa hidup berarti salah satu perangkat yang dilepas ada yang error, silahkan cek satu-satu mana yang error.
  5. Jika tidak mau hidup juga,coba nyalakan dengan power supply yang sudah dipastikan hidup (klo ada yang bisa dipinjem, pinjem aja dulu, ga usah beli :P)
  6. Jika tidak mau hidup juga, coba lepas memori, kemudian nyalakan. Kalau ada bunyi beep panjang, berarti memori anda yang aus, tapi jika tidak ada bunyi, kemungkinan motherboard atau processor anda.
    Tapi untuk kerusakan processor sangatlah jarang, yang lebih besar kemungkinannya adalah motherboard.
Semoga bisa membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar