Foto keluarga saya My beautiful girl 1 My beautiful girl 2 My beautiful girl 3 My beautiful girl 4

Rabu, 29 Mei 2013

Tutorial Corel Draw Membuat X Banner




Posted by Ferry EP
12 komentar

X Banner adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi, berbentuk banner dengan konstruksi penyangga berbentuk "X" sehingga banner bisa berdiri sendiri.
Konstruksi X Banner memiliki beberapa ukuran standart yaitu: 60x160 cm, 80x180 cm, dan 80x200 cm.
X Banner pada umumnya berisi tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, nama produk, perusahaan atau sekedar gambar saja.
X Banner biasanya dipasang di bagian depan toko, perusahaan, event, atau tempat-tempat yang perlu pengenalan agar orang tertarik dan mendatangi tempat tersebut.
nah, pada postingan kali ini saya akan membahas langkah-langkah atau tutorial desain X Banner menggunakan Corel Draw.


Langkah 1
Disini saya memakai program Corel Draw Versi X6 dan mungkin masih bisa diikuti pemakai Corel Draw versi 11 keatas. Buat lembar kerja baru File > New.lalu isikan seperti di bawah > Ok

Langkah 2

Klik 2x pada toolbar Rectangle tool  untuk membuat latar belakang menyesuaikan ukuran worksheet.atau beri ukuran 60x160 cm.

Langkah 3

Beri warna gradasi menggunakan Fountain Fill .isikan seperti screenshot dibawah.atau anda dapat memilih warna sesuka anda.




Langkah 4
Membuat Frame sederhana yaitu dengan cara menggunakan Rectangle tool.klik dan drag sambil menahan tombol ctrl pada keyboard agar membentuk persegi.saya mempunyai ukuran persegi 30x30cm.pada corner radius saya isikan masing – masing 3cm.Beri warna Biru tua.Buatlah persegi seperti tadi sebanyak 4 buah dengan variasi ukuran yang berbeda.





Langkah 5

Seleksi semua persegi yang tadi dibuat.gunakan transparency tool 
lalu isikan transparency type nya seperti ini.


Langkah 6
Gunakan rotate lalu posisikan semua gambar persegi tadi seperti dibawah ini.salin salah satu warna lalu beri warna putih.tempatkan warna putih di bagian paling depan.




Langkah 7
Pada langkah ke 7 ini kita buat bentuk bingkai Frame menjadi lebih menarik.Gunakan Bezier tool 


lalu buat bentuk seperti di bawah.gunakan shape tool untuk membentuknya lebih luwes.



setelah bentuk jadi duplicate menjadi banyak.lalu posisikan seperti contoh.beri warna pada masing-masing bentuk menggunakan Fountain Fill Type Radial.




Langkah 8
Buatlah semacam gelembung di sekitar bentuk yang tadi telah kita buat menggunakan ellipse tool.




beri warna gradasi type radial dengan bermacam warna yang ceria.seleksi semua bentuk yang tadi kita buat lalu tekan Ctrl+G untuk membuatnya menjadi satu.tempatkan posisi bentuk dan gelembung yang kita buat di belakang persegi.

Langkah 9
Agar terlihat lebih dramatis, buat efek gelembung seperti langkah sebelumnya dengan warna yang lebih bervariasi.lalu tempatkan dibelakang bentuk sebelumnya.




Langkah 10
Buat efek cahaya.buatlah bentuk lingkaran menggunakan ellipse tool tepat disamping bentuk yang kita buat.beri warna putih.gunakan drop shadow.beri pengaturan seperti dibawah.setelah itu pisahkan objek lingkaran putih dengan cahaya yang dibuat dengan cara klik Arrange >  Break Drop Shadow Group Apart.setelah itu anda bisa menghapus objek yang tidak perlu.duplicate cahaya yang telah di buat lalu posisikan seperti contoh.








Langkah 11
Group semua objek yang telah kita buat (Ctrl+G), lalu masukkan objek kedalam Latar belakang Hijau yang pertama kali kita buat dengan cara klik Effects > PowerClip > Place inside Frame.maka akan muncul arah panah.klik saja di bagian Background hijau.




Langkah 12
Agar lebih menarik sepertinya kita perlu membuat teksture.caranya buat garis menggunakan Bezier tool.Duplicate garis menjadi banyak.agar lebih jelas lihat gambar.group semua garis,miringkan teksture garis.masukkan teksture ke dalam background menggunakan power clip.gunakan transparency tool > Uniform.starting transparency : 85. Anda dapat mengeksplorasinya agar terlihat lebih enak dilihat.




Selesai.



~ Selamat Mencoba ~


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar